June Conference 2017

391

Secretary-General SSEAYP International Indonesia, Arief Rizky Bakhtiar menghadiri Conference of the Representatives of the Ten Southeast Asian Countries and Japan for the 44th Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) yang diselenggarakan di Cabinet Office of Japan, Tokyo, 6-8 Juni yang lalu sebagai perwakilan organisasi alumni mendampingi pemerintah Indonesia. Pemerintah Indonesia diwakili oleh Plt. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Dr. Faisal Abdullah

Konferensi ini adalah pertemuan sepuluh negara ASEAN dan Jepang dalam persiapan pelaksanaan program pelatihan kepemimpinan Kapal Pemuda Asia Tenggara-Jepang (Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program/SSEAYP) yang telah melahirkan lebih dari 12.000 alumni yang bekerja di berbagai bidang.

Dalam sambutannya mewakili sepuluh negara ASEAN, Dr. Faisal menggaris bawahi pentingnya peran ASEAN dalam kestabilan kawasan yang tahun ini genap menginjak usia lima puluh tahun. Selain itu, beliau juga menekankan perlunya melibatkan dan mendengar suara pemuda dalam proses pengambilan kebijakan sehingga kebijakan yang diambil dapat sesuai dengan kebutuhan di masyarakat.

Tahun ini, kapal MS Nippon Maru yang membawa 330 pemuda dari sebelas negara akan berlayar selama 52 hari dari Jepang, Kamboja, Thailand, Laos, Indonesia, dan Malaysia sebelum kembali ke Jepang. Mereka akan terlibat dalam diskusi yang terkait dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), pertemuan dengan kepala negara/pejabat pemerintahan, kunjungan institusi, dan tinggal bersama keluarga angkat.

Dalam pertemuan ini, dilaksanakan pula the 71st Council of President’s (COP) Meeting yang membahas capaian dan rencana kegiatan kontribusi sosial yang dilakukan oleh alumni selepas program.

Hasil pertemuan dalam konferensi ini dapat diakses di tautan berikut: Minutes – SSEAYP Conference 2017 c

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here