Buka Bersama dan Charity SII 2017

390

SSEAYP International Indonesia kembali menggelar acara sosial bertajuk Buka Bersama dan Charity 2017.

Bertempat di Kantor Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, kegiatan buka puasa bersama ini dilaksanakan dengan Komunitas Cina Benteng yang terdiri dari penggiat seni serta kelompok ibu usaha tani dan koperasi. Komunitas ini bisa dibilang masih terisolir karena belum memiliki akses kependudukan dari pemerintah sehingga mereka termarjinalkan dari masyarakat umum di sekitarnya. Tidak bisa bekerja, tidak mendapat hak-hak untuk mendapat bantuan dari program pemerintah, dan tentu tidak bisa mengenyam pendidikan.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pula perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kemitraan (Partnership), dan PPSW Jakarta yang mendampingi Komunitas Cina Benteng ini melalui Program Peduli.

Tokoh masyarakat seperti Ketua RT, Ketua RW dan Lurah Mekarsari juga turut hadir dalam acara ini.

Kegiatan diawali dengan Tour de Ciben, atau berkeliling kampung Cina Benteng di wilayah RW 04. Di sana, bersama dengan rekan-rekan yang hadir kami menggunjungi kediaman Pak Oen Sin Yang atau yang akrab disapa Pak Go Yong, seorang seniman Gambang Kromong dan pembuat alat musik  tradisional Tehyan yang konon adalah satu-satunya di Indonesia.

Kemudian kami beranjak ke Klenteng Mahabodhi atau Tjong Tek Bio dan Vihara Sadsadha Kusala Ratna. Setelah menyusuri pemukiman penduduk, kami tiba di bantaran Sungai Cisadane yang menjadi sumber kehidupan masyarakat Cina Benteng untuk kegiatan sehari-hari seperti mencuci dan mandi.

SII juga mempromosikan kue-kue hasil produksi Koperasi Cina Benteng untuk penggalangan dana pada Buberity 2017. Dari donasi dan fundraising yang berasal dari alumni dan masyarakat luas, SII berhasil mengumpulkan Rp 3.750.000,00 untuk diberikan kepada Koperasi Cina Benteng dan 100 buah botol minum donasi dari US Embassy Jakarta.

Ibu Heny, ketua Koperasi Cina Benteng, mewakili komunitas, menghaturkan terima kasih banyak atas dukungan SII untuk mendukung program inklusi sosial, khususnya pemberdayaan perempuan melalui koperasi dan usaha tani yang baru saja dirintis tahun lalu.

Donasi yang SII berikan akan digunakan untuk  membeli alat-alat penggiling kue untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi kue koperasi yang merupakan komoditas andalan di Cina Benteng. Sebagian juga akan didonasikan kepada anak-anak yatim/piatu di lingkungan Cina Benteng.

Selaku panitia, kami mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan para alumni SSEAYP terhadap segala bentuk kegiatan sosial yang kita lakukan bersama. Semoga SII terus menjadi organisasi yang memberi manfaat untuk orang banyak dan turut berkontribusi atas terciptanya Indonesia yang inklusif.

Semoga niat tulus ikhlas kita semua mendapat berkah dari Yang Maha Kuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here